Tips

Apakah Dampak Bermain Game Bagi Pelajar Itu Buruk?

Banyak orang pasti akan penasaran sebenarnya apakah dampak bermain game bagi pelajar itu buruk ataukah tidak. Hal ini pasti sangat ingin diketahui terutama bagi para orang tua. Sebelum menjawab hal ini, akan lebih baik jika kita memahami apa itu game terlebih dahulu. Game merupakan sebuah sebutan yang sekarang ini sering dipakai untuk permainan-permainan yang dimainkan melalui perangkat elektronik, seperti game konsol, komputer, sampai dengan handphone. Dan pada saat ini sendiri, game memiliki banyak jenis permainan untuk dimainkan. Seperti diantaranya game pertarungan, game strategi, game simulasi, game petualangan, game perang, game tembak-tembakan, dan ada masih sangat banyak lagi yang lainnya. Setiap game memiliki cara main yang berbeda-beda dengan cara memenangkan game dan tujuan dalam game yang berbeda-beda.

Melihat dari hal tersebut, http://rantaiqq.info/ bisa kemudian menarik kesimpulan tentang dampak game untuk seorang pelajar. Bermain game sendiri memang terkadang bisa berdampak negatif jika tidak dikendalikan dengan baik. Tapi sebenarnya bisa dimaklumi karena berbagai hal apapun itu jika disalah gunakan pasti berdampak negatif. Namun perlu diingat, bahwa game sebenarnya tidak memberikan sepenuhnya dampak negatif. Karena game sendiri pada dasarnya merupakan sebuah permainan yang bisa sangat melatih anak / pelajar. Seperti pada game strategi, dimana seorang yang bermain diminta merancang strategi untuk memenangkan game yang dimainkan. Dimana ini pasti melatih kecerdasan otak anak sehingga lebih berkembang dalam merancang segala sesuatu dengan strategis. Terdapat juga game simulasi yang merupakan sebuah game yang dibuat dari adaptasi kehidupan sehari-hari, membuat seorang anak mendapat pengalaman meski tidak terjun langsung. Dan berbagai macam game lainnya juga memiliki manfaat tersendiri untuk melatih dan mencerdasarkan orang yang bermain.


Pada dasarnya, jika anda merupakan seorang orang tua yang khawatir terhadap perkembangan anaknya terganggu akibat game, maka anda perlu berpikir dengan lebih terbuka. Karena perlu diingat, bahwa hambatan perkembangan dan dampak buruk untuk anak bisa diberikan oleh semua hal, bahkan hal yang dianggap baik dan sepele. Namun, semua tidak akan terjadi jika anda memberikan pemahaman yang baik kepada anak anda. Agar anak anda bisa memikirkan sendiri mana dampak buruk yang harus disisihkan.