Sponsor

4 Cara Atasi Posisi Bayi Sungsang dalam Kandungan

Sungsang adalah kondisi kepala bayi yang berada di bagian atas rahim atau membelakangi jalan lahir yang terjadi pada waktu menjelang persalinan. Seharusnya posisi bayi menghadap ke jalan lahir sehingga persalinan dapat berlangsung secara normal. Posisi bayi sungsang ini menimbulkan banyak risiko. Berikut cara mengatasi bayi kandungan yang aman.


1.      Melakukan Olahraga

Posisi sungsang bisa terjadi karena Anda yang sedang hamil terlalu banyak duduk sehingga membuat bayi tidak dapat bergerak bebas. Ketika bergerak bayi kesulitan untuk kembali ke posisi normal. Anda bisa mengatasi penyebab ini dengan banyak bergerak seperti melakukan olahraga yaitu berjalan kaki yang akan membantu memperbaiki posisi bayi sungsang.

Bisa juga diatasi dengan melakukan senam ibu hamil untuk membantu mengembalikan posisi bayi Anda menjadi normal. Anda harus melakukan senam dengan optimal dan benar. Salah satunya dengan menggunakan celana khusus ibu hamil agar senam dilakukan dengan nyaman.

Celana khusus ibu hamil ini bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan ibu dan bayi yang dapat dibeli secara online. Tersedia berbagai jenis ukuran yang bisa dibeli dengan harga diskon lebaran 2018 hingga 20% untuk setiap pembelian sesuai ketentuan dari masing-masing produk.

Selain senam, Anda juga dapat melakukan gerakan mengangkat panggul setinggi 30 cm dari lantai secara rutin untuk mengatasi posisi sungsang bayi di dalam kandungan. Caranya dengan posisikan tubuh Anda telentang dengan bagian lutut ditekuk dan kaki menapak. Anda bisa melakukan olahraga ringan ini selama 10-15 menit dengan rutin tiga kali sehari.

2.      Memberikan Rangsangan

Anda bisa melakukan perubahan pada posisi bayi yang sungsang dengan melakukan rangsangan berupa suara. Anda bisa menggunakan alunan musik untuk membuat bayi bergerak ke posisi seharusnya. Cara ini bisa digunakan karena bayi pada usia kehamilan ke 15 minggu sudah memiliki kemampuan untuk mendengar.

3.      Melakukan Hipnoterapi

Jika posisi sungsang Anda ketahui saat kehamilan berusia minggu ke 37 dan ke 40, Anda dapat mengatasinya dengan hipnoterapis. Caranya dengan melakukan konsultasi bersama dokter yang ahli hipnoterapis. Terapi ini akan membuat Anda merasakan rileks, tenang, dan fokus dengan memberikan sugesti pada alam bawah sadar.

4.      Penanganan Medis

Ketika posisi bayi sungsang ini tidak mungkin untuk Anda atasi dengan 3 cara di atas maka Anda bisa melakukan cara ke empat ini. Anda bisa mengatasi bayi sungsang di dalam kandungan dengan melakukan Extermal Cephalic Version (ECV).

Sebuah metode yang digunakan pada bayi sungsang yang posisinya horizontal atau melintang di dalam kandungan. Pada pembiusan Anda akan diberikan obat-obatan untuk melemaskan rahim sehingga meningkatkan keberhasilan ECV.

Ketika posisi bayi sungsang tidak lagi dapat ditangani maka bayi akan dilahirkan secara prematur setelah dilakukannya pemeriksaan oleh dokter. Bahkan posisi bayi sungsang dapat membahayakan kondisi ibu dan juga bayinya. Anda perlu rutin melakukan USG setiap trimester agar bisa memantau perkembangan bayi dengan baik.