Tips

Mau Klaim Asuransi Online Perjalanan? Ini Dia Syaratnya!

Asik-asik liburan, eh ada hal yang terduga yang menimpa? Misalnya saja jatuh dari ketinggian, kecelakaan dan lain-lain? Liburan Anda bisa rusak, kan? Tapi tenang, bila Anda memiliki asuransi online atau yang konvensional untuk perjalanan, Anda tak perlu khawatir dengan biaya pengobatan yang harus dikeluarkan selama liburan, apalagi di luar negeri.


Yah, meskipun liburan Anda tetap terganggu, paling tidak Anda tak perlu mengeluarkan dana untuk pengobatan yang besarnya tak bisa dikatakan sedikit. Tapi, sebelum dapat perlindungan untuk biaya pengobatan, Anda harus melakukan klaim asuransi perjalanan terlebih dulu. Nah, bagaimana cara dan apa saja syaratnya? Cek di sini!

1. Langsung Laporkan Masalah

Jika Anda mengalami kesulitan atau kejadian yang merugikan selama di perjalanan, jangan ragu untuk melaprokan masalah tersebut pada pihak penyelenggara asuransi perjalanan Anda. Biasanya, perusahaan tersebut akan siap sedia menerima laporan masalah Anda. Meski begitu, Anda juga tetap harus ingat mengenai batas waktu pelaporan masalah yang ada.

Biasanya, batas waktu pelaporan dari kejadian yang merugikan ini untuk proses klaim hanya berlangsung hingga 14 hari setelah kejadian tersebut terjadi. Jika Anda melaporkannya setelah masa tersebut terlewati, pengajuan klaim Anda dipastikan akan ditolak. Jadi, jika Anda mengalami hal merugikan selama liburan, segera laporkan pada perusahaan asuransi.

2. Laporkan Masalah Sesuai dengan Jaminan Proteksi yang Disetujui

Sebelum Anda membeli produk asuransi perjalanan, ada baiknya Anda mengetahui dengan jelas jaminan proteksi seperti apa yang diberikan pihak penyelenggara asuransi perjalanan. Dengan begitu, ketika melakukan klaim, Anda bisa paham apa saja kejadian yang bisa Anda laporkan sehingga tidak menimbulkan kerugian di pihak Anda ataupun di pihak asuransi.

Cari tahu perlindungan kejadian apa saja yang diberikan oleh perusahaan dan masuk masalah apa kejadian yang menimpa Anda dalam daftar proteksi yang diberikan. Dengan begitu, proses pelaporan masalah untuk asuransi online atau yang konvensional pun bisa lebih mudah diproses. Anda juga akan dapat premi asuransi lebih mudah nantinya.

3. Lengkapi Dokumen Pendukung

Syarat lain yang harus Anda lakukan dalam hal klaim asuransi perjalanan adalah melengkapi dokumen pendukung. Ini adalah syarat wajib yang harus Anda penuhi bila ingin klaim Anda dikabulkan. Salah satu dokumen yang harus ada dan Anda lengkapi adalah formulir klaim. Ini selalu ada baik itu asuransi yang daring atau yang biasa.

Selain itu, Anda juga harus melengkapi dokumen tersebut dengan keterangan kronologi kejadian dari pihak terkait, salinan KTP, tiket pesawat, boarding pass, paspor serta dokumen perjalanan lain. Sedang untuk klaim kecelakaan, harus ada surat laporan dari pihak kepolisian. Untuk kehilangan bagasi, harus ada laporan surat kehilangan dari maskapai itu.

4. Beri Alasan yang Logis

Ingat, perusahaan asuransi tak akan serta merta mengabulkan klaim Anda. Ini untuk menghindari praktik kecurangan yang bisa saja merugikan perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan alasan yang logis dan jelas ketika melakukan klaim agar mereka percaya dan klaim Anda disetujui oleh perusahaan asuransi tersebut.

Nah, Anda sudah tahu apa saja syarat dalam melakukan klaim asuransi online ataupun yang konvensional, kan? Lakukanlah semuanya dengan benar sehingga klaim Anda lebih mudah diproses dan pencairan dana juga tak mengalami kendala. Ingat, jangan menunda-nunda untuk pelaporan klaim. Bisa-bisa, Anda sendiri yang rugi karena klaim tak diproses.