Tips

Harga Bahan Bangunan Hebel 2018

Hebel merupakan bahan bangunan yang memiliki fungsi yang sama dengan batu bata merah, yang nenbedakan hebek dengan bata merah yajni bahan dasar pembuatnya. Apabila bata merah terbuat dari tanah liat yang dibakar, berbeda dengan hebel yang terbuat dari campuran pasir dan semen yang nantinya di press dengan menggunakan alat pabrik. Kelebihan hebel adalah hebel memiliki sifat kuat, tahan api dan air, serta awet. Maka tidak heran banyak bangunan-bangunan besar seperti layaknya pabrik memilih hebel ketimbang harus memilih bata merah sebagai bahan bangunannya. Berapa harga bahan bangunan hebel pada tahun 2018 ini.

Sbelum hebel ditemukan, untuk menggantikan fungsi dari bata merah tersebut masyarakat menggunakan batako. Akan tetapi kekurangan batako ialah beratnya yang lumayan. Seiring berjalannya waktu ditemukannya hebel yang memiliki berat yang sangat ringan akan tetapi memiliki keawetan diatas rata-rata. Hal tersebut yang sekarang sedang ramai daimasyarakat, lebih memilih menggunakan hebel dibanding dengan bata merah. Selain dianggap lebih hemat karena membutuhkan lebih sedikit jumlahnya ketimbang memasang menggunakan bata merah. Hal tersebut nantinya juga akan mempengaruhi harga bahan bangunan yang akan dijadikan bahan baku untuk pembuatan hebel itu sendiri.


Adapaun spesifikasi dari bahan hebel sediri antara lain :

-          Berat jenis kering : 520 kg / m3

-          Berat jenis normal : 650 kg / m3

-          Kuat tekan : > 4,0 N / mm2

-          Konduktifitas termis : 0,14 W / mK

-          Tebal spesi : 3 mm

-          Ketahanan terhadap api : 4 jam

-          Jumlah per luasan per 1 m2 : 22 - 26 buah tanpa construction waste.

Adapun harga bahan bangunan hebel yang ada dipasaran ada yang menawarkan dua ukuran. Yakni ukuran 600 x 200 x 100 mm yang dijual dipasaran sekitar Rp 13.000,- per blok atau Rp 1.000.000,- per m3. Apabila dalam 1 m2 bidang dinding tersebut membutuhkan hebel, sebanyak kurang lebih 8,5 hebel. Makan, 1m2 dinding hebel butuh bahan seharga Rp13.000,- x 8,5 bata atau senilai Rp110.500,- per m2.